Wednesday, July 24, 2013

Alangkah Uniknya Temanggung #2

Oke, setelah kemarin saya membahas tanaman komoditas Temanggung, kini saya akan membahas kesenian asli dari kota ini, (mumpung belom di klaim ama tetangga, gan...)

> Kuda Lumping


Kuda Lumping adalah kesenian yg paling mendominasi di masyarakat Temanggung. Di kota ini ada sekitar 500 kelompok yang tersebar wilayah Temanggung. Salah satunya desa saya (hehehehe). Sebelum tahun 2009 kesenian ini sempat meredup, namun kini kesenian ini mulai bangkit, dan banyak kelompok yang melestarikan kesenian ini, dan hebatnya lagi, kesenian ini di kelola oleh para pemuda di desa mereka masing-masing. Kenapa hebat? karena menurut saya, sekarang ini kebanyakan pemuda enggan melestarikan kesenian asli dari negeri mereka. Mereka terlalu asik dengan kontaminasi seni dari barat. Meskipun kesenian ini sering dikaitkan dengan unsur "Klenik" atau magis, namun sebagai pemuda hendaknya kita mengambil sikap yang positif dimana masih ada orang-orang yang mampu bertahan untuk melestarikan budaya asli daerah mereka di antara himpitan ekonomi, politik maupun budaya yang semakin menyingkirkan kesenian ini.

> Kubro Siswo

Sepintas mungkin agan-agan disini menganggap sama, antara kesenian Kuda Lumping dan Kubro Siswo. Tapi sebenarnya kesenian ini berbeda, dimana Kubro Siswo tidak menggunakan "kuda" pada tiap pementasan. Kostum yang dikenakan lebih menyerupai prajurit perang, dan gerakan/tariannya pun merujuk pada gerakan olah raga, yang enerjik dan kompak, karena tujuan dari seni ini adalah mengajak masyarakat untuk bergerak, olah raga, kompak, dan tetap melestarikan keseniannya. Sebuah tujuan yang positif bukan?

> Tari Topeng



Nah, kalo yang satu ini namanya tari topeng atau biasa disebut (dayakan). secara keseluruhan hampir sama dengan kesenian Kubro Siswo, hanya saja dalam kesenian ini kostum yang di gunakan lebih seperti indian...
Lihat saja, bagaimana mereka pentas. It's so cool, bro..

Masih banyak lagi kesenian khas Temanggung, selain kesenian tadi. Berlibur dan sekedar menikmati indahnya kota ini merupakan destinasi yang wajib anda kunjungi. Jangan lupa untuk terus kunjungi artikel di blog ini, karna pada kesempatan selanjutnya akan ada posting tentang tempat wisata, kuliner, dan kehidupan sosial warga temanggung.

Dan salah satu ciri bangsa besar dan maju adalah bangsa yang mampu menghargai dan melestarikan warisan budaya nenek moyang mereka.

No comments:

Post a Comment